Tuesday, July 3, 2018

Adat Bugis Salah Satu Tradisi Pernikahan Adat Termahal di Indonesia


Pernikahan ialah momen penting dan membahagiakan bagi seluruh orang. Ada beragam cara merayakan momen bahagia ini, dan tentunya setiap pasangan memiliki cara berbeda-beda untuk merayakan hari spesial hal yang demikian, mulai dari prosesi lamaran, tunangan, hingga pesta pernikahan di hari H. Di Indonesia, pernikahan adat tergolong unik sebab setiap suku memiliki adat pernikahan yang berbeda-beda. Hingga saat ini, banyak pasangan yang masih menjunjung tinggi perayaan pernikahan berdasarkan suku dan adat-istiadat mereka.

Tentu saja, cara kerja pernikahan adat tidaklah sederhana dan murah. Ada serangkaian cara kerja adat yang wajib dilewati dari tahap awal hingga pesta di pelaminan. Menyelenggarakan pesta pernikahan adat meriah dan berkesan bagi mereka dan keluarga besar ialah dambaan setiap pasangan. Simak ulasan kebiasaan pernikahan adat di Indonesia, mulai dari kebiasaan, kisaran tarif hingga solusi dana pernikahan yang dapat menjadi referensi untuk Anda dalam menyiapkan dana pernikahan.


Melainkan Bugis (Sulawesi Selatan)

Suku Bugis telah diketahui sebagai pernikahan suku yang mahal sebab skor mahar yang wajib diberi ialah emas. Cara tak cuma maharnya yang mahal. Melainkan adat yang dimiliki oleh suku Bugis malah cukup panjang dan meriah sebab melibatkan seluruh orang dari keluarga kedua belah pihak hampir disetiap pelaksanaannya.

Sebagai gambaran berikut cara kerja pernikahan pada suku Bugis :

Mammanu-manu
Ini ialah tahap penjajakan pernikahan yang dikerjakan oleh member keluarga wanita dari pihak pria untuk mencari tahu informasi selengkapnya seputar calon wanita yang berkeinginan dinikahi. Cara cara kerja ini dikerjakan secara rahasia dan tak boleh diketahui oleh pihak keluarga wanita.

Madduta
Cara mengirimkan informasi mengenai calon wanita yang memang belum terikat dan dikatakan cocok untuk dipinang berikutnya ialah tahap madutta dimana utusan dari pihak laki-laki bagus keluarga maupun tokoh adat akan seketika mendatangi keluarga pihak perempuan untuk memberi informasi mengenai berkeinginan melamar si kecil perempuan.

Mappasiarekeng
Melainkan ini ialah pemberian simbol ikatan, yang mengatakan bahwa calon mempelai wanita telah diikat dan akan dinikahi seperti cincin dan hal simbolis lainnya. Melainkan ini dikerjakan di rumah keluarga pihak perempuan. Cara pemberian barang-barang simbolis, terdapat sesi pemberian hadiah oleh keluarga dan rekan-rekan pihak laki-laki, jumlah hadiah dan harganya yang akan diberi ialah hasil keputusan dari kedua keluarga.

Mappaiseng dan Mattampa
Melainkan ini disebut juga, cara kerja menyebarkan informasi kepada seluruh member keluarga, tetangga, tokoh masyarakat dan warga sekitar mengenai pernikahan yang akan dikerjakan. Acara ini juga dikerjakan sebagai bentuk memohon bantuan bagus doa dan ridho, energi dan pikiran juga bantuan harta demi lancarnya cara kerja acara. Melainkan ini dikerjakan 10 hari sebelum pernikahan.

Mappatetong Sareto
Ini ialah cara kerja di mana warga akan bergotong royong membantu keluarga pasangan untuk merapikan lokasi pernikahan. Biaya itu membantu membangun pelaminan atau panggung untuk hiburan.

Biaya pernikahan adat Bugis

Kisaran harga yang wajib dikeluarkan untuk pernikahan adat Bugis minimal Rp180 juta. Biaya ini telah termasuk dari penyewaan gedung untuk pernikahan, konsumsi, dekorasi pelaminan, dokumentasi, riasan, pakaian pengantin, cincin pertunangan dan mahar.

Umumnya terkesan mewah dan merepotkan, seluruh cara kerja pernikahan pada setiap adat memiliki arti dan kepercayaan dari masing-masing suku. Wajib setiap cara kerja yang ada bermakna keharmonisan, kerukunan dan keberkahan. Gunakan pernikahan tak perlu di tunda cuma sebab kekurangan dana.  pinjaman KTA dari bank dengan bagus untuk menambah dana pesta pernikahan Anda dan pasangan.

No comments:

Post a Comment

Cara Menanamkan Kesadaran Atur Uang untuk Anak-Anak

Pernahkah Anda mengalami kejadian di atas? Kalau ya, mungkin salah satu penyebabnya merupakan kurangnya perencanaan keuangan yang matang...